Resmikan Jembatan Terpanjang di Kalimantan, Jokowi: Kok Bisa Cepat Selesai?



Sanggau -Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan Jembatan Kapuas Tayan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Jokowi yang datang pukul 14.11 WIB menggunakan helikopter sempat menyapa warga sekitar dan disambut sorak sorai.

Jokowi datang mengenakan baju putih didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis.

"Saya dua kali ke sini, jembatan ini tadi saya tanya kok bisa cepat sekali, Menteri PU jawab 3 shift, kenapa mesti ngebut karena dibutuhkan masyarakat bahwa kalau kita menuju ke sana Sandong, Entikong, atau Pontianak dan seterusnya lebih mudah," jelas Jokowi.

"Sebelumnya tadi pas datang saya juga diberi tahu tadi sebelum ada jembatan ini truk, bus, naik kapal feri untuk nyebrang bayarnya Rp 150-200 ribu, terus kalau sekarang ada jembatan nggak bayar, artinya masyarakat akan dapat keuntungan sekarang nggak bayar ongkos feri itu ini adalah sebuah efisiensi, dengan mengucap Bismillah jembatan Kapuas Tayan resmi dioperasikan," ujar Jokowi, saat peresmian Jembatan Tayan, di Kalimantan Barat, Selasa (22/3/2016).

Jembatan Kapuas Tayan memiliki panjang 1.650 meter dan terdiri dari dua bentang, yaitu Jembatan I sepanjang 430 meter dan Jembatan II sepanjang 1.220 meter.


Selain pembangunan Jembatan Tayan, dibangun juga jalan dengan total panjang 3,72 km yang terdiri dari Jalan Akses Utara sepanjang 0,9 km, Jalan Pulau sepanjang 0,32 km, serta Jalan Akses Selatan sepanjang 2,5 km.

Pengerjaan jembatan ini dilakukan oleh Joint Operation PT Wijaya Karya Tbk dengan China Road and Bridges Construction.

Kehadiran Jembatan Kapuas Tayan ini akan memberi manfaat langsung tidak hanya untuk masyarakat, juga para pengusaha dan industri sekitarnya, selain itu juga untuk percepatan ekonomi dan laju transportasi.


Dalam rangka persiapan peresmian, Jembatan Kapuas Tayan ditutup sementara, sejak pukul 00.00, Senin (21/3/2016). Untuk dua hari ini, para pengendara yang akan melintas diminta untuk dapat menggunakan kapal ferry yang disediakan PT ASDP.

Sebelum ada Jembatan Kapuas Tayan, penyeberangan untuk orang dan motor, mengunakan motor tambang (perahu klothok) dengan waktu tempuh lebih dari 10 menit ditambah waktu antrenya. Sementara untuk roda empat atau truk menggunakan kapal ferry dengan waktu tempuh 20 menit plus waktu antrenya.

Jembatan Kapuas Tayan menghubungkan Provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah melalui Desa Tayan dan Desa Piasak, di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau. Selain itu, jembatan ini sangat penting karena menghubungkan jalan trans selatan Kalimantan yang belum tersambung.

detik.com

Related Posts

First

8 komentar

komentar
March 23, 2016 at 10:27 AM delete

Bukankah lebih cepat selesai lebih bagus, kepemimpinan pak cornelis memang best lah, ane bangga sebagai warga kalbar.

Reply
avatar
March 23, 2016 at 10:48 AM delete

mantab nih artikel jadi nambah wawasan hehe

Reply
avatar
March 23, 2016 at 12:17 PM delete

panjang bnget ni, kira" sma madura panjang mana

Reply
avatar
March 23, 2016 at 4:47 PM delete

Wah bakal jadi pariwisata baru juga nih gan. Jembatannya juga termasuk yang terpanjang

Reply
avatar
March 23, 2016 at 9:02 PM delete

wahh keren, baru tau gan ada jembatan kaya gitu

Reply
avatar
March 24, 2016 at 6:59 AM delete

mantap tuh jembatan cepet selesai lebih baik

Reply
avatar
March 24, 2016 at 12:48 PM delete

Jembatan nya sangat panjang , uda seperti di luar negeri aja :D
memang jokowi kok masalah proyek cepat dia :v
Semoga lebih maju indonesia :)

Reply
avatar