Seruan dengan tanda pagar atau hastag #PakaikanAhokRompiOrange mendadak jadi trending topik nasional di jagad Twitter



Hingga pukul 19.10 WIB, hastag ini nangkring di urutan teratas trending topik Twitter.

Pengguna Twitter saling menyerukan agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menangkap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus pembelian lahan Rumah Sakit (RS) Sumber Waras.

Pemprov DKI dianggap salah dalam pelepasan lahan RS Sumber Waras karena telah menimbulkan kerugian negara hingga Rp 755 miliar.

"Kasus Sumber Waras, Negara ditaksir alami kerugian Rp. 755 M..!!! Bukan Rp.191 M !!! #PakaikanAhokRompiOrange," tulis akun ‏@yudissejahtera.

Sebelumnya akun tersebut juga menulis "Nomenklatur Pelepasan Lahan Sumber Waras Timbulkan Kerugian Rp755 Miliar," mengutip judul berita di salah satu media online dengan mencantumkan alamat link.


Sementara pemilik akun @Restyies tampak mengunggah foto berisi ajakan demo bersama pada hari Senin, 4 April 2016 di gedung KPK, untuk menangkap Ahok atas dugaan korupsi.

Pada foto itu juga tertera gambar Ahok dengan mata yang diblok garis hitam, lalu ditulis keterangan "Begal APBD Jakarta".

"Sebarken..! #PakaikanAhokRompiOrange," tulis @Restyies.

Namun tidak sedikit pengguna Twitter yang mempertanyakan kemunculan hastag tersebut. Seperti akun ‏@MasGann menulis,
"Hastag #PakaikanAhokRompiOrange ini buat kuis apaan ya?"

Kemudian @HeniiiNrA menulis, "Ini rompi persija maksutnye? Haha #PakaikanAhokRompiOrange".

"Ini hastag berbayar apalagi, maksudnya gimana? Ahok disuruh markirin kendaraan gitu? #PakaikanAhokRompiOrange", tulis akun ‏@MNeeko.

Harta Kekayaan dan Pencalonan Ahok

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) selama dua tahun terakhir menggantikan posisi Joko Widodo yang naik menjadi Presiden RI.

Setelah resmi menjabat sebagai gubernur, Ahok memperbaharui laporan harta kekayaannya pada 21 November 2014.

Berdasarkan data yang diakses dari situs acch.kpk.go.id, total harta kekayaan Ahok yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebesar Rp 21.302.079.561 dan 3.749 dollar AS.

Kekayaan Ahok yang dilaporkan yaitu harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan yang totalnya senilai Rp 15.050.480.
Tanah dan bangunan sebanyak 13 petak itu tersebar di Belitung Timur dan Jakarta Utara. Sementara harta bergerak berupa transportasi, nihil.
Ahok juga melaporkan logam mulia senilai Rp 650 juta yang didapat dari hasil sendiri dan hibah.

Adapun surat berharga dari investasi yang dilaporkan Ahok senilai Rp 2,595 miliar. Selain itu, giro dan setara kas lainnya yang tercantum sebesar Rp 2.939.592.240 dan 3.749 dollar AS.

Ahok juga ada piutang berbentuk pinjaman uangn sebesar Rp 67.008.321.

Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 nanti, Ahok memustuskan maju sebagai calon independen. Dia memilih Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Heru Budi Hartono menjadi bakal calon wakilnya.

Keputusan itu diambil setelah Ahok tidak mencapai kesepakatan dengan PDI-P untuk menggandeng Djarot. Dia pun mengaku tidak punya cukup uang untuk ikut Pilkada DKI 2017 melalui jalur partai politik.

Menurut dia, ikut pilkada melalui jalur parpol membutuhkan banyak uang untuk menggerakkan mesin partai dari ranting, cabang, hingga pusat. (*)

Tribunnews.com

Related Posts

Previous
Next Post »